Pernah ingin menjadi guru olahraga tapi gagal.

Prestasi Olahraga

Kalau boleh kalian dengar, saya mau sombong sedikit ya!. Kalau saya ini punya prestasi di bidang olahraga, di cabang Atletik Lari 400M, Tolak Peluru. itu prestasi di tingkat Kabupaten dan Provinsi ya!. Tapi kalau di bawahnya masih banyak sih.

Nah, sesuai judul saya pernah ingin jadi guru olahraga, bahkan bisa melatih Atlet dari daerah saya, pernah saya cita-citakan. Karena terinspirasi dari beberapa guru atau pelatih yang pernah melatih saya. 

Kebetulan di tempat saya sekolah (lebih tepatnya nyantri sih) Olahraga itu terpinggirkan, bahkan hasilnya cuma beberapa yang dapat juara (dan itu bukan saya ya). 

SELEKSI POPDA

Nah, waktu itu ada seleksi POPDA (Pekan Olahraga Pelajar Daerah), dan waktu itu pas sekali saya dan kawan-kawan lagi latihan Atletik lari, terinspirasi dari kakak leting yang pernah juara. Jadi, saya latihan lah berharap ada perlombaan nantinya. 

Dan waktu pak guru ngasih tau lombanya, kami semangat lah. akhirnya, pas seleksi tingkat rayon yang lolos ke tingkat kabupaten hanya 2 orang, saya dan kawan sebangku saya. Saya lari 400M dan dia Bola Voli. 

Pada waktu itu, saya masih diragukan sama pelatih-pelatih di luar sana, yang baru saya temui. Mereka bilang badan saya terlalu gemuk buat jadi pelari, ya saya paham emang begitu adanya. 

Dan setelah selesai perlombaan ternyata kami berdua nggak satupun yang lolos. Jadi, kami tabah lah dengan keadaan dan terus berlatih. Semoga aja, ada pertandingan lainnya kelak. 

SELEKSI PORSENI

Ini foto kami peserta olahraga di Porseni tingkat Provinsi, saya yang paling ujung di sebelah kiri dari penglihatan kalian.

Dan setelah beberapa waktu berselang, ada perlombaan yang sejatinya saya tunggu-tunggu yaitu PORSENI (Pekan Olahraga Dan Seni) bedanya sama POPDA pada pesertanya, kalau POPDA untuk semua pelajar, baik dari Sekolah maupun Madrasah tapi kalau PORSENI untuk pelajar tingkat Madrasah saja. Jadi, peluang lolos lebih besar karna peserta lebih sedikit. 

Dan singkat cerita, saya dan beberapa kawan sekolah pergi ke seleksi tingkat kabupaten. Dan singkat cerita lagi, dalam olahraga tingkat MA, yang lolos lagi-lagi saya dan kawan sebangku saya (yang waktu POPDA) dulu. Dalam bidang yang sama. Tapi sampe Provinsi nggak ada hasil juga. 

Wah, panjang juga ya ceritanya. Nah, dari dua cerita inilah saya ada berniat jadi Guru Olahraga. Kebetulan pas saya tanyak ke beberapa guru, mereka bilang saya cocok dengan jurusan yang saya mau ini. Apalagi pelatih saya sangat mendukung tujuan saya ini. 

HALANGAN 

Dan pas waktu-waktu akhir sekolah, kan kami lagi mencari jurusan lebih tepatnya mendaftar kuliah. karna dukungan dari kawan dan beberapa guru, jadi saya mau daftar kuliah di jurusan penjas. 

Dan sebelum di daftarkan saya tanya pendapat ke abang saya, tapi abang saya langsung nggak ngizinin, karna dia bilang sudah banyak keluarga saya yang jadi guru penjas tapi nggak sukses juga. 

Akhirnya niat mau jadi guru olahraga saya batalkan, mau gimana juga abang saya lah yang ngasih biaya saya kuliah jadi saya harus patuh. Dan jadi guru olahraga gagal jadinya.

Dan sekarang saya jadi Mahasiswa di jurusan Manajemen Pendidikan Islam. Dan kawan sebangku saya yang bersama-sama waktu lomba dulu jadi Mahasiswa Hukum. 

Semoga kami berdua sukses di jalannya. Amiiinkan.








Komentar

Postingan Populer